Oleh: Krisna Dipayana | 10 Februari 2009

Type-type Chasis / Rangka Motor

Frame, Chasis atau rangka pada sepedamotor seperti juga rangka pada manusia atau hewan, salah satu fungsinya adalah sebagai tempat menempelnya komponen komponen sepeda motor. Umumnya mesin berada di dalam rangka ini, lengan ayun dan garpu depan tersambung dengan rangka melalui semacam persendian yang memungkinkan kedua komponen tersebut bergerak. Rangka sepeda motor juga berfungsi melindungi komponen komponen sensitif sepeda motor saat terjadi benturan.

Chasis atau frame atau rangka pada sepeda motor ada beberapa tipe :

1. Single Crade Frame. Rangka single cradle adalah rangka sepeda motor awal dan memiliki bentuk yang paling sederhana. Pada Rangka tipe ini mesin dikelilingi oleh pipa logam. Pipa utama yang terletak diatas umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding pipa lainnya. Jenis motor yang banyak memakai chasis ini adalah motor klasik seperti Zundapp. Motor offroad juga banyak yang memakai rangka ini.

Motor dengan rangka Single Cradle

Motor dengan rangka Single Cradle

2. Double crade Frame. Rangka Double cradle merupakan pengembangan dari rangka single cradle dengan modifikasi pada penambahan jumlah pipa penyangga mesin. Rangka jenis ini diyakini lebih kaku, lebih kuat, dan lebih ringan dibandingkan dengan rangka single frame karena pemakaian pipa berdiameter lebih kecil. Walaupun sekarang banyak tergantikan oleh jenis rangka perimeter, rangka double cradle banyak di pakai pada sepeda motor harian seperti Yamaha Scorpio, Kawasaki Ninja R/L/RR /KRR 150 dan bahkan Bajaj Pulsar dts-i 180

Chasis Double Cradle



3. Backbone Frame. Rangka Backbone terdiri dari Pipa utama tunggal yang menjadi tempat mesin menggantung. Rangka ini cukup sederhana dan ongkos produksinya terbilang cukup ekonomis. Biasanya para perancang juga menambah batang pipa dibagian depan yang mengarah kebawah untuk membantu menyangga mesin, seperti yang terlihat di Rangka Honda Tiger dan Honda Megapro

Backbone Chasis


4. Perimeter Frame. Sering kita salah kaprah menyebut jenis rangka perimeter menjadi rangka deltabox. Rangka perimeter ini paling banyak digunakan pada motor sport modern. Ada yang menyebut rangka jenis ini sebagai Twin Spar Frame. Konsep dasar desain rangka perimeter adalah memperpendek jarak antara setang setir dan lengan ayun, dengan tujuan agar segala macam efek-efek mekanika bahan pembuat rangka seperti elastisitas serta getaran akibat raungan mesin yang sedang dipacu dapat diminimalisasi sehingga dapat menambah kekakuan (Rigidity) sepeda motor. Segala efek-efek kelendutan akibat jarak setang dan lengan ayun yang panjang dapat dikurangi. Awalnya frame ini memakai bahan baja, tapi sekarang umumnya beralih ke pemakaian alumunium alloy untuk mengurangi beban motor seperti yang dipakai pada V-Ixion. Bahkan untuk motor balap, bahan yang digunakan dapat berupa serat karbon yang notabenenya lebih ringan tapi lebih kuat.

Chasis Yamaha R-1

Chasis Yamaha V-ixion



5. Trellis Frame. Rangka teralis banyak digunakan pada sepeda motor italia. Rangka ini menganut konsep dan dasar pemikiran yang sama dengan rangka perimeter tentu dengan perbedaan bentuk. Rangka Teralis biasanya berbentuk jalinan pipa-pipa turbular yang dilas satu-persatu. Bagi Produsen sepeda motor seperti Ducati dan MV agusta, memproduksi rangka teralis lebih murah daripada rangka perimeter. Rangka Perimeter akan ekonomis jika telah menyentuh basis produksi masal. Biaya riset rangka teralis pun murah. Semakin banyak pipa-pipa menyilang maka rangka akan semakin kaku, begitu juga sebaliknya. Tugas dari para periset sasis ducati menentukan setingan kekakuan rangka yang diinginkan dengan hanya menambah dan mengurangi potongan pipa pada rangka. Bayangkan dengan apa yang dilakukan untuk menentukan setingan kekakuan rangka perimeter yang tepat. Para periset harus menghitung berbagai macam variable macam kerapatan bahan dll, belum lagi harus membuat prototype baru setiap kali riset.

Trellis Chasis

Trellis Chasis

Motor dengan Trellis Chasis

Motor dengan Trellis Chasis



6. Monocoque Frame. Rangka monokok boleh dibilang rangka multi fungsi. Selain menjalankan fungsi rangka pada umumnya, rangka monokok bisa berfungsi tangki bahan bakar dan lain-lain sehingga rangka benar-benar merupakan bagian fisik utama motor yang terintegrasi secara utuh. Skuter Vespa Piagio merupakan contoh sepeda motor yang mengaplikasikan rangka jenis ini. Kawasaki Zx14 merupakan salah satu sportbike yang mengaplikasikan tipe rangka monoshock.

monoshock chasis

monoshock chasis

Kawasaki ZX14 yang menggunakan monoshock chasis

Kawasaki ZX14 yang menggunakan monoshock chasis


About these ads

Responses

  1. bukan monoshock mungkin bro .. tapi monokok..rangka integritas dengan mesin atau sebaliknya .. kalo salah mohon koreksi bro .. thanks .. salam kenal

  2. Salam kenal balik bro Jambret Racing.. (namanya unik deh..)
    Thanks banget masukannya…
    Aq tunggu masukannya yg lain..

  3. slm kenal…
    monoshock apa yg cocok buat thunder 125….
    thanks….atas masukannya…

  4. Usul nih, di Indonesia kan belum keluar…
    Gimana Kalau Entah Yamaha Atau Honda Ngeluarin Motor dengan model Cruiser (Naked Bike) Or Street Fighter, Mesin DOHC, 4 Valve, 2 Sparkplug, Trellis Frame, Monocoque Frame, Cakram depan belakang, Speedometer Digital, 150-160 cc, Radiator…
    Model Kayak DucatiMonter gitu…
    Harga ngak Mahal dibawah 20Jt lah…
    Dijamin Laris Deh…

  5. Setuju..!!!
    Tapi pabrikannya yang gk mau ngeluarin..

  6. Mungkin ‘gak yah klo spda motor ‘gak pake frame atw rangka …. !??

  7. mas posting teratas motor klasik di atas merknya apa?…..

  8. gimana ya mendapat kan gambar membuat motiv rangka sasis motor kross
    motorku CG 125 thn 70an
    pengen rombak model motor kross

  9. saya mw usul gmana klo diterjemahkan chasis semua jenis kendaraan

  10. sejak ada pengetahuan tentang chasis saya jadi lebih mengerti dan ilmu otomotif saya sangat luas trima kasih

  11. kasi ilmu buat modif trail dari gl pro donk bro

  12. kalau spesifikasi data dan gambaran rangka almunium buat motor drag (konstur rangka motor ringan). boleh tau? blh minta datanya bro, but motor suzuki satria 120 R

  13. kalau spesifikasi data dan gambaran rangka almunium buat motor drag (konstur rangka motor ringan). boleh tau? blh minta datanya bro, but motor suzuki satria 120 R. salam kenal

  14. kira-kira mx kalo mau modif ala YZF R125 pake rangka delta box bisa nga ya.

  15. pio, shocknya cepat gembos. setahn sekali diganti. ada yg bisa bantu apa yg kuat dan cocok buat pio ku yg sdh 3 TAHUN

  16. kalo bebek termasuk apa? underbone bukan?
    kawasaki athlete masuk monokok gak?

  17. mantep bener share nya mas :D

  18. boleh tuker link ga mas :D
    kita kan sama-sama ngeshare :)
    nih link saya mas http://indrasetiawan17.wordpress.com/
    terima kasih :)

  19. [...] Masa nya dulu. Kurang serius lagi di sektor mesin lagi karena mesin sudah mumpuni, suspensi sama chasis juga gak boleh kalah mumpuni juga berteknologi tinggi. Makanya suspensi yang jawara terus dilacak [...]

  20. ts rossa rosa

  21. bang, ubah tengkix ongkos brapaan ya?

  22. ha..ha.. kopi panas, tahu bacem, marlboro black.. pancen oye..!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: