Oleh: Krisna Dipayana | 6 Februari 2009

Bocornya Pelumas

Tanda Bocornya Pelumas

Tanda Bocornya Pelumas

Kebocoran minyak pelumas bisa terjadi di beberapa tempat, salah satunya di ruang bakar. Tanda-tandanya yaitu gas buang akan berwarna putih kebiru-biruan meskipun mesin dalam keadaan sudah panas. Warna gas buang tersebut menunjukkan adanya minyak pelumas yang masuk ke dalam ruang bakar, kemudian menguap atau terbakar. Apa akibatnya :

* Jika minyak pelumas masuk ke ruang bakar, lama kelamaan mesin menjadi cepat tua dan aus. Keausan yang terjadi pada torak dan dinding silinder akan menyebabkan makin banyaknya jumlah minyak pelumas yang masuk ke dalam bakar melalui sisi-sisi torak. Minyak pelumas juga dapat masuk ke dalam ruang bakar melalui jalan-jalan katup yang sudah aus.

* Jika minyak pelumas masuk ke dalam ruang bakar maka minyak pelumas dapat membasahi busi dan kedua elektrodanya sehingga menyebabkan busi tidak menghasilkan loncatan listrik seperti seharusnya. Sehingga daya mesin juga akan berkurang / mesin tidak dapat bekerja secara sempurna.

* Terbakarnya minyak pelumas yang berlebihan dalam ruang bakar akan menyebabkan dinding ruang bakar dan busi timbul endapan / kerak. Jalan satu-satunya untuk perbaikan, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel untuk segera diperbaiki.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: