Oleh: Krisna Dipayana | 9 Februari 2009

Cara Penyimpanan Ban

Jika ban tidak digunakan dalam waktu lama, simpanlah di tempat teduh yg terlindung dari sinar matahari langsung, hujan dan lembab. Bersihkan dulu sebelumnya.

1. Ban dengan velg terpasang di kendaraan

Ganjal gardan dgn jack stand di keempat roda dgn tekanan angin normal 30 psi.

2. Ban dan velg terpasang di kendaraan, tapi tidak diganjal

Beri tekanan angin 35 – 40 psi, utk menghindari permukaan ban jadi tidak rata.

3. Ban dan velg disimpan di gudang/garasi

Ban ditumpuk dan dialasi kayu tebal/lembaran karet, dgn tekanan angin 30 psi. Jauhkan dr bahan kimia & minyak.


TIPS LAIN

1. Periksalah selalu tekanan angin ban anda.

Lakukan secara teratur sekurangnya 2-3 minggu sekali, atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Lakukan pemeriksaan di saat ban anda ’dingin’ (dari kondisi 0 s/d 3 km). Jangan memeriksa tekanan setelah melakukan perjalanan lebih dari 3 km; sebab panas akibat gesekan ban dgn aspal membuat tekanan ban naik & menyebabkan pengukuran tekanan menjadi tidak akurat.

Tekanan yg berlebihan (over inflation) menyebabkan berkurangnya kemampuan ban menyerap getaran, menyebabkan keausan yg tidak merata (ban gundul di tengah) serta keretakan pada kembangan & dinding ban. Pada kecepatan tinggi, tekanan ban yg berlebihan makin meningkat akibat panas yg terjadi, dapat berakibat pecah ban.

Tekanan yg kurang (under inflation) menyebabkan suhu ban meningkat & mengurangi daya tahan dinding ban. Juga mempercepat keausan pada sisi2 pattern/kembangan ban. Dlm kecepatan tinggi, dapat berakibat ban terlepas dari bibir velg. Bibir velg juga bisa menggerus dinding ban yg beresiko pecahnya ban.

( CLICK on this PICTURE or click HERE, to see details )


2. Jangan memasang ban yang berbeda (merk/jenis) di sumbu/poros yang sama.

Jika anda terpaksa menggunakan ban yang berbeda merk/jenis, pasanglah jenis/merk yang sama di kiri-kanan poros yang sama. ( Jangan di sisi yg sama tapi di depan-belakang ! ).

Contoh: pada Jeep Cherokee Limited 4.0:

[ BENAR ]

Ban Depan kiri-kanan menggunakan Dunlop Grantrek AT-1 ukuran 30 inchi;

Ban Belakang kiri-kanan memakai Falken Landair T/A 30 inchi.

[ SALAH ]

Ban Depan & Belakang kiri menggunakan GT Savero AT Plus 30 inchi;

Ban Depan & Belakang kanan menggunakan Kumho Venture AT 30 inchi

Jika hanya sepasang ban steel radial yg dipakai, maka pasanglah pada poros roda belakang

3. Saat mengangkut beban berat – full passengers, luggage, or towing purpose, tambahkan tekanan ban anda sebesar 4 psi dari tekanan normal* (rekomendasi Australian Tyre Manufacturers Association/ATMA).

Untuk penggunaan dgn kecepatan tinggi (>= 100 km/jam) selama lebih dari 1 jam, tambahkan tekanan ban anda sebesar 4 psi dari tekanan minimum*. Jangan mengisi tekanan angin >= 40 psi, sebab panas yg timbul akibat gesekan ban dgn aspal di kecepatan tinggi, akan menaikkan tekanan dlm ban.

*) tekanan normal / minimum / maksimum ban dpt ditanyakan kpd pabrikan / dealer yg bersangkutan saat anda membeli ban. Juga bisa dilihat di manual handbook / stiker info yg ada di kendaraan anda, jika ban anda masih standar pabrikan.

contoh stiker yg berisi info tekanan ban:


4. Special Purpose ( Especially for ‘Jip’ & SUV – Offroad Driving )

Trek berlumpur berat:

Kurangi tekanan ban utk mendapatkan traksi & flotation ability yg lebih baik

Trek berbatu kasar & rock crawling purpose:

Gunakan tekanan normal. Menambah / mengurangi tekanan akan beresiko menambah kerusakan pada tread & dinding ban.

Trek berpasir, gravel:

Dimungkinkan utk sedikit mengurangi tekanan utk mendapatkan traksi yg lebih baik

Trek banjir, susur sungai:

Gunakan tekanan normal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: