Oleh: Krisna Dipayana | 9 Februari 2009

Tips Mengisi Bahan Bakar di SPBU

SEBAIKNYA MEMBELI BAHAN BAKAR PADA WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN.

Pagi hari lebih baik

Pagi hari lebih baik

Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari . sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh . Tetapi SPBU tidak memberikan ganti rugi/kompensasi karena temperatur.

GUNAKAN  SLOW MODE PADA NOZZLE BAHAN BAKAR, JANGAN FAST MODE.

Selalu gunakan Slow Mode

Selalu gunakan Slow Mode

Mintalah pada petugas SPBU untuk menjalankan nozzle pada Slow Mode, jangan Fast Mode. Trigger Nozzle  mempunyai 3 level, yaitu: low, medium dan high. Di slow mode, kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb. Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira-kira: jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu. Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.

“lalu hubungannya sama hemat bensin apa ya?” begini:
kalo di SPOBU, mereka punya internal floating roof, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

ISILAH BAHAN BAKAR SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.

Cepat belok ke SPBU, jika BBM sudah setengah tangki. Jangan nunggu habis boss..

Cepat belok ke SPBU, jika BBM sudah setengah tangki. Jangan nunggu habis boss..

Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat daripada yang bisa kita bayangkan. Tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi.

JANGAN MENGISI BAHAN BAKAR JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN

Jangan isi BBM jika truk BBM sedang mengisi SPBU

Jangan isi BBM jika truk BBM sedang mengisi SPBU

Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda. Saya berharap hal ini akan menolong anda untuk mendapatkan nilai yang maksimal dari rupiah yang anda gunakan untuk membeli bensin.

Inilah beberapa tips untuk mengisi BBM di SPBU. Semoga bermanfaat.

Salam…


Responses

  1. Kelemahan ymaha vixion ma scorpio apa boz?mhon jwbny

  2. Thanks bro Wahyu..
    Salam kenal dari saya….

    Yamaha V-IXION :
    Kelebihan :
    – Sistem Injection, sehingga lebih irit.
    – Chasis Deltabox.
    – Monoshock.
    – Diasil, sehingga seher lebih awet.
    – Model keren.
    – Harga lebih bersahabat.

    Kelemahan:
    – Powernya kurang banget
    – Body terlalu ramping, sehingga jika bersalipan dengan bus atau truk yg berkecepatan tinggi, agak oleng.
    – Jika mesin bermasalah, bengkel biasa tidak akan bisa mengatasi. Karena menggunakan sistem injection, bukan karburator.

    Yamaha SCORPIO :
    Kelebihan :
    – Power mesin besar! Mantap!
    – Monoshock.
    – Pajak tahunan murah. (Sekitar Rp. 225.000,- / tahun)
    – Harga bersahabat.
    – Onderdil murah dan bisa mengkanibal onderdil produk lain. (seperti jupiter maupun vega)
    – Chasis Double Cradle. Mesin jadi lebih stabil.

    Kelemahan :
    – Lebih boros karena cc besar.
    – Monoshock pasti ambles. (penyakit akut Scorpio, bikin gregetan!)
    – Suara nembak di knalpot, karena sisa pembakaran yg kurang sempurna.
    – Kecepatan?? Masih kalah sama Ninja.. He..he..he..

    Demikian bung Wahyu..

  3. Mau Tanya, jumlah SPBU di tiap kota, tergantung dari apa ya? terimakasih atas informasinya

  4. salam bro krisna,
    kalo scorpio pengen di modif tw, swing armnya pake apa ya ??? (produk atau model sejenis yang masuk pelq 14 , lebar 4,5 inci, plus ban blkg 180/80)
    trus, punya info ga,kalo beli pelq blkng buat tw (pelq 14) ????

    tengkiw sebelumnya bro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: