Oleh: Krisna Dipayana | 8 Maret 2009

Mengganti Spion dan Klakson Keong

Saat saya melihat sebuah spion variasi merk KOSO di sebuah toko variasi CHAMP##N MOTOR di Jl. Bendungan Sutami – Malang, saya langsung tertarik dan membelinya dengan harga Rp. 170 ribu. Spion ini mempunyai bentuk yang unik. Ada 2 macam varian dari spion merk KOSO ini yang dijual di toko tersebut. Yang pertama dengan kaca lapis film yang berwarna kebiruan dan yang kedua tanpa lapis film. Karena yang berlapis film harganya Rp. 210 ribu, saya memilih yang biasa, dengan alasan ekonomis.

Tampilan Spion Baru

Tampilan Spion Baru

Bentuk Spion yang Unik

Bentuk Spion yang Unik

Spion merk KOSO

Spion merk KOSO

He..he.. Sesampai di rumah, saya langsung memasang spion tersebut. Tetapi karena drat motor Yamaha berkebalikan, maka saya harus mengganti drat spion sebelah kanan dengan drat kebalikan yang sudah included. Disini masalah timbul, karena untuk membuka drat tersebut harus menggunakan kunci L, dan saya tidak memiliki kunci L. Saya langsung tancap gas membeli kunci L set. Setelah utak-utik beberapa menit, terlihat sudah hasilnya… Motor nampak lebih sip dengan cuping spion yang baru..

Saat saya membeli kunci L set tersebut, saya melirik beberapa klakson keong yang dipajang di etalase toko tersebut. Spontan saya tertarik dan mencoba beberapa merk klakson tersebut. Ada beberapa merk klakson keong di toko tersebut. Ada HELLA, BOSCH, DENSO dan MOCC. Setelah dicoba semuanya, hanya merk MOCC yang bunyinya agak ketinggalan dibandingkan merk lainnya. Setelah saya pelototi merk-merk tersebut, saya putuskan membeli merk DENSO. Karena selain bunyinya nyaring, disitu tertulis MADE IN INDONESIA..!! Oleh karena itu langsung aku beli deh…

Klakson buatan Negeri

Klakson buatan Negeri

Klakson Keong DENSO

Klakson Keong DENSO


Responses

  1. spionnya keren, thx pic nya
    iseng mampir http://kisanak-jopir.co.cc

  2. Salam kenal bro Joko..
    Bro Joko pengendara Yamaha Vixion ya..??
    Sukses buat bro Joko dan Vixionnya…

    Keep contact bro..

  3. Bro itu klakson densonya 1 atau 2 (sepasang)

  4. Salam kenal bro Arga…

    Klakson Denso tersebut ada 2 buah.. Jadi ada sepasang..
    Bunyinya menyalak banget bro..
    Para sopir angkot pasti pada minggir tuh..
    Dan satu lagi, di klakson tersebut ada tulisannya “made in indonesia”..
    We love our country..

  5. klakson “DENSO” harus tambah relay gak bro ?
    Suaranya dipasang di motor kurang lebih sama gak dengan dipasang di mobil ?

    Btw, lam kenal all…

  6. Salam kenal bro Ee-noon…

    Saya pasang klakson Denso itu gak usah nambahin relay..
    Langsung aja copot klakson ori nya, trus langsung aja pasang klakson densonya..
    Suaranya mantaab bro..
    Nissan Terrano saya juga pake klakson Denso, sama persis dengan yg saya pasang di Scorpio..
    Namun suaranya lebih kencang Scorpio.
    Mungkin karena klakson yang di Terrano tertutup sama kap mesin, sehingga suaranya gak sekencang yang di Scorpio..

    Demikian bung EE-NOON..

  7. klakson densonya berapa duit bos ? maklum baru lulus sma . modifnya nyicil tiap bulan . hehehe
    spionnya oke banget . tapi sayang setangnya masih kurang gagah . .

  8. Salam kenal bro Rendra…
    Klakson Densonya dulu itu kena 95 ribu..
    Aku pilih Denso, karena ada tulisannya Made in Indonesia..!
    Ha..ha.. ya.. agak Nasionalis dikit lah…
    Untuk spion, emang jarang sekali yang punya..
    Jadi, ekslusif deh…
    Untuk stang, dulu pernah aq ganti punya stang ninja KRR..
    Tambah gagah sih…
    Tapi posisi punggung jadi menunduk..
    Jadi aq ganti lagi dengan ori nya..

  9. Sama Bro gw juga pasang di apv denso gitu tapi gw tambahin relay… biar aman aja.. trus gw beli lagi buat pasang di vixion gw… wuiii mantapsss suaranya bikin minggir angkot… emang suaranya lebih kenceng daripada yang di mobil soalnya yang di mobil ketutupan sih kali ya..

  10. Ketemu lagi Bro Krisna…

    Mau nanya lagi ya…🙂

    Dengan stang motor yang standar (ori) seperti itu, apakah tidak ketinggian n kepanjangan dipasangin spion model seperti “KOSO” (sekarang banyak merk dgn model sejenis ya?). karena bakal ‘ribet’ kalo lewat disela2 spion mobil kan ?

  11. Yupz, bener Bro Inun..
    Tipikal saya juga suka menyelinap diantara mobil2..
    Memang kalo pake stang ori, kita jadi gk sebebas pake stang jepit. Namun kalo pake stang jepit, handling kita jadi gak seenak kalo pake stang ori atau pake stang trail.

  12. slm kenal bro kris,

    oks kyknya tu spion koso, aq jd ngidam, lg ngumpulin uang saku + cari info., stlh cari2 info dgr2 trnyt da beberapa “koso” yg lain.,
    1.merk tld 70 rb
    2.merk twenty 120 rb

    mw tny ni bro.,
    1.tu spion koso (kaca bening & film) cembung kan,?
    2.tangkai spion kuat gak? bwt cantolin helm bs,?

    thx.,

  13. Salam bro XRIDER..
    Kacanya cembung bro.
    Kalo buat cantolin helm mah, ya kuat atuh kang…
    namun ada 1 kekurangannya, yaitu sedikit bergetar jika dibuat jalan. Namun masih bisa ditolerir.

  14. salam kenal bro,
    ane penunggang scopi baru nih,…
    u pernah modif kaki2 nga?
    share dong klo pernah…

  15. Salam bro Frengky..
    Shock scorpio depan n blkng saya rasa udah sip kok.
    Pio saya ganti kaki depan sama punya YZ 85. Enaaakk..

  16. salam kenal bro kris =)
    saya punya shogun 110 nih kira2 bisa nggak bro diganti sama klakson denso nya yaris bang =) , kalau pasang itu plus relay ya bang , mudah ga bang ?? =)

  17. MANTAB

  18. salam kenal bro kris , sy baru beki pio merah silver kaya punya ente tp pio ane th 07 tuh ,apa dah ganti cover plus tangkinya y ?
    ane ada pertanyaan ; shock blakang motor ane kok ..rada empuk bnt y ? kayanya std nya dan dah di tinggiin …..
    kalo ane bawa belok rada limbung ..knp bs bgtu ?
    sama kopling kalo g di tekan ada suara klok klok tp kl ditekan ilang …..apanya tuh bro tolong infonya dong …thx ponco

  19. Hello bro Ponco.. Pio 07 dengan 10 sama tengkinya namun beda warnanya. Masalah limbung saat menikung, dikarenakan shock blkg terlalu empuk dan terlalu nungging. Kopling bunyi klok klok, mungkin klakernya bro.. coba dicek ke bengkel deh.

  20. salam kenal mas krisna,

    ane pake pio 2009, swingarm nya ane ganti jd rada tinggi tuh pio ane, gagah sih mas tp yg jd masalah adalah standar 2 nya jd ga kepake saking tingginya..ada usul mas klo ane mw ganti standar 2 nya pas nya sama standar 2 apa ya?
    tengkyu mas..

  21. Met Malem bro Satria, menurut saya sih, standar 2 nya disambung sama besi dan dilas listrik biar kuat.


Tinggalkan Balasan

Kategori

