Oleh: Krisna Dipayana | 28 Agustus 2010

BODYKIT TAIWAN VS BODYKIT ORIGINAL

Salam Bro n Sist semuanya..

Dulu saya memakai bodykit Honda CRF250 buatan Taiwan pada motor saya. Bodykit tersebut saya beli baru seharga Rp. 1,7 juta di sebuah toko Trail di kawasan Jl. Kalibutuh – Surabaya. Bodyset tersebut terdiri dari front fender, rear fender, sepasang radiator scoop, sepasang sempol samping beserta tutupnya dan satu buah tangki plastik. Mulanya, warnanya sangat terang dan menurut saya lumayan bagus. Namun setelah 1 (satu) tahun saya pakai, warnanya berangsur-angsur pudar dan lama kelamaan menjadi sangat tidak sedap dipandang. Karena disana-sini timbul retakan-retakan dan muncul garis-garis putih (bahasa jawanya : NGGALER). Coba bayangkan, bodykit tersebut jika tertekuk sedikit saja langsung muncul retakan-retakan putih. Mutu yang sangat-sangat kurang bagus. Disamping itu, lama-kelamaan bodykit tersebut warnanya berubah tidak ada yang sama.

Retakan dan garis putih pada Rear Fender

Retakan dan garis putih pada Rear Fender

Retakan putih dan Nggaler-nggaler

Retakan putih dan Nggaler-nggaler

Warna yang memudar pada Front Fender

Warna yang memudar pada Front Fender

Antara Front Fender, Rear fender dan Radiator Scoop, warnanya berubah nggak ada yang sama

Antara Front Fender, Rear fender dan Radiator Scoop, warnanya berubah nggak ada yang sama

Bodykit CRF250 made in Taiwan

Bodykit CRF250 made in Taiwan

Pantat yang terlalu nungging

Pantat yang terlalu nungging

Oleh karena itu, saya bertekad untuk mengganti bodykit Taiwan tersebut dengan bodykit asli Honda. Akhirnya saya membeli bodykit second Honda CRF250 2007 original milik seorang rekan dengan seharga Rp. 1,9 juta. Bodykit original tersebut walau barang second, namun mutu dan kondisinya sangatlah jauh jika dibandingkan dengan bodykit Taiwan. Warna bodykit original tersebut sangat terang dan tajam. Sangat jauh beda dengan made in Taiwan. Penggantian body tersebut saya serahkan pada GDZH Modif yang bengkelnya terletak dibelakang rumahku. Sekalian aku minta pada Mas Dana alias Bang Gondes, pemilik GDZH Modif untuk menurunkan pantat motorku yang terlalu nungging. Selain itu aku juga minta kepada Bang Gondes agar lampu-lampu dan sein dicopot semuanya, kecuali double starter. Lalu kenapa doublestarternya gak sekalian dicopot?? Waah, kalo double starternya dicopot, ntar kalo buat adventure kurang nyaman dong. Harus “tayal-tayal” nyetarter jika mesinnya mati. He..he..he.. Seminggu kemudian, motor saya sudah siap dikendarai lagi, dengan tampilan Motocross. (Sebelumnya kan tampilan dualpurpose..)

Kerangka saat pembedahan

Kerangka saat pembedahan

Bengkel GDZH Modif

Bengkel GDZH Modif

Tampilan baru Yamaha Scorpio - CRF250

Tampilan baru Yamaha Scorpio - CRF250


Responses

  1. Mas aku butuh referensi mw bangun motor GL seriel jd trail…bisa dijelasin speknya gak? mulai upside down, tromol dll, serta harga barang dan biaya modif…

  2. Salam Bro Iwan di Mojokerto..
    Langsung saya hub via message, supaya lebih jelas.

  3. mas bekas taiwannya aku ganti aja heheheheheheheh

  4. Scorpionya gahar!!! Dibikin trail habis berapa duit mas? Oya, saya mau tanya fork depannya masih pakai hyosung? harganya berapa ya?😉

  5. salam kenal mas krisna, sy mau tanya untuk body tengah banyak or sedikit perubahannya,rangka utk tengki ada perubahan or engga, lengan ayun gemana mas dipanjangin apa ge,trims

  6. mantab mas bro, salam kenal

  7. mas harga op side down nya berapa duit

  8. mantep bos habis berapa bajednya buat begini jadi pengen rubah scorpio z dirumah?
    mohon petunjukx????

  9. halo Mas Krisna,

    saya beli body kit honda crf 250 buatan taiwan, gimana cara merubah tangkinya biar bisaq masuk ke chasis scorpio

    mohon petunjuknya

  10. menurut saya tangkinya lebih baik dibuatkan lagi dengan bahan fiber. karena tangki asli bawaan body taiwan tersebut terbuat dari plastik, sehingga hampir mustahil dilakukan pemodifan agar bisa masuk ke rangka scorpio. sebenarnya bisa juga sih dengan mengubah / memodif rangka scorpio kita, namun menurut saya sayang sekali jika harus mengorbankan rangka scorpio kita..

  11. salam kenal gan…
    mw nanya harga sok upside down buat pio brp???
    yg cocok mrek ap???
    trus swing arm juga brp???
    yg cocok mrek ap???

  12. Konichiwa bro Nomero.. Saat ini shock USD maupun Swingarm aftermarket sudah amat sangat banyak di pasaran. Bentuk, merk dan harganya sangat bervariasi. Biar gak repot ngatur (menyesuaikan) dengan Pionya, lebih baik beli yg memang buat Pio.

  13. oke thanks bro

  14. gan body kit_x harga brapaan tuh n ama ongkir_x ke ntb kira_2 brapaan???

  15. Mas aku butuh referensi mw bangun motor tiger seriel jd trail…bisa dijelasin speknya gak? mulai upside down, tromol dll, serta harga barang dan biaya modif…

  16. Mas.. itu rangkanya udah ubah ato bawaan scorpio ya?

  17. Met malam Bro ADIOKTABARI. Saya bangun scorpio trail tsb sekira tahun 2009. Yang notabene toko yg menjual parts dan keperluan trail masih tidak sebanyak sekarang, sehingga harganya pun tidak semurah sekarang. Sebagai gambaran, saya habis 17 jutaan.


Tinggalkan Balasan

Kategori

